Duh! Banyak Pekerja Korban Phk Tak Bisa Klaim Jht, Ini Penyebabnya

Jika knowledge Anda berbeda, datanglah ke BPJS Ketenagakerjaan tempat perusahaan melakukan registrasi. Di sana Anda meminta formulir perbaikan data kepada petugas BPJS Ketenagakerjaan. Sampaikan maksud Anda untuk memperbaiki information dan meminta petugas front desk untuk mengecek data yang tertera di BPJS Ketenagakerjaan. Cara kedua, mengecek knowledge Anda melalui situs BPJS Ketenagakerjaan di bpjsketenagakerjaan.go.id. Jika registrasi selalu gagal, ini pertanda information tentang Anda di BPJS Ketenagakerjaan berbeda dengan information pribadi yang selama ini Anda gunakan.

Bahkan ada beberapa peserta yang harus mengulang pendaftaran hingga belasan kali karena tidak juga mendapatkan kuota di kantor BPJS yang diinginkan. Perlu diketahui tidak semua peserta bisa mendapatkan tanggal dan jam kedatangan yang diinginkan. Kamu cukup mengakses web site BPJS Ketenagakerjaan untuk mendapatkan segala informasi yang diinginkan, termasuk saldo yang kamu miliki. Untuk itu, pendaftar yang telah memiliki akun di laman Prakerja, selanjutnya akan dilakukan tes dasar.

Masyarakat harus tetap hati-hati terhadap kemungkinan tindak penipuan dalam pencairan klaim ini. Karena BP Jamsostek tidak memungut biaya apapun dari proses pencairan klaim JHT. Datang dengan membawa dokumen persyaratan yang dibutuhkan untuk klaim saldo JHT BPJS. Siapkan dokumen asli dan dokumen fotokopi. Syarat untuk mencairkan saldo atau dana JHT saat peserta masih aktif bekerja. Masa kepesertaan minimal 10 tahun untuk bisa mencairkan dana JHT saat berstatus masih aktif bekerja. Melansir laman resmi BPJS Ketenagakerjaan menyebut bahwa dana JHT juga bisa diambil atau dicairkan saat peserta masih berstatus aktif bekerja di perusahaan tempat peserta bekerja sesuai PP 60 Tahun 2015.

Di segmen penerima upah, fokus ditentukan pada UKM dan koperasi, e-commerce, perkebunan, non- ASN, debitur perbankan, dan KUR. Pada segmen peserta BPU fokus akan dilakukan pada petani, peserta vokasi, nelayan, transportasi online, dan BUMDes. Selanjutnya Agen Bola Online adalah menggarap segmen pekerja jasa konstruksi pada proyek APBN dan APBD, serta proyek pengembangan perumahan. Salah satu cara bagi mereka yang terkena PHK untuk bertahan hidup, adalah dengan mencairkan dana Jaminan Hari Tua dari BP Jamsostek.

Untuk mengurangi kontak fisik, BPJS Ketenagakerjaan atau BP Jamsostek menerapkan sistem antrean secara on-line. Antrean online ini diberlakukan baik untuk peserta yang akan melakukan pencairan secara digital ataupun yang harus datang ke kantor BP Jamsostek. Merek produk lokal yang berbasis di Jakarta ini, merupakan salah satu merek spesialis tas tangan yang sebagian besar produknya menggunakan bahan kulit. Namun, untuk melengkapi koleksi, Josvli juga memproduksi dompet gantung yang memiliki desain unik nan elegan. Tidak hanya itu, khusus koleksi ini, mereka meluncurkan produknya dengan bekerja sama Lindungi Hutan Indonesia untuk menyelamatkan alam khususnya hutan di Indonesia. Oleh karena itu, dompet gantung ini terbuat dalam balutan kulit daur ulang dan dipadukan dengan pola abstrak.

Jika merasa kesulitan, Anda bisa menghubungi name center lembaga penyedia dana pensiun lalu tanyakan prosedur untuk mengecek saldo ini. Sekian artikel dari sepulsa tentang alasan kalian dapat mencairkan dana BPJS ketenagakerjaan, semoga ini berguna untuk kalian yang berencana untuk mengambil dana JHT 100%. Kebijakan pemerintah akan selalu berubah, yang ditulis diatas adalah kebijakan BPJS yang ditetapkan pada 20 Agustus 2015. Bila kantor saya tidak bisa memberikan surat paklaring, harus bagaimana? Namun bila perusahaan telah tutup, silakan konsultasikan dengan kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat.

Dengan sejumlah tahapan di atas, diharapkan proses pencairan BPJS Ketenagakerjaan yang dilakukan bisa berjalan lancar dan aman. Harapannya, dana JHT yang diterima bisa dijadikan bekal hidup menghadapi masa Corona ini yang belum jelas akan berakhir kapan. Dana JHT ini yang kemudian dijadikan modal usaha kecil-kecilan atau sekedar biaya hidup sehari-hari sampai mendapatkan pekerjaan yang baru.

Selain tempat yang Anda pilih untuk pendaftaran klaim BPJS Ketenagakerjaan, Anda juga bisa membuat proses klaim Anda berlangsung lebih cepat dengan memastikan bahwa dokumen-dokumen yang dibutuhkan telah lengkap. Setelah verifikasi dokumen, petugas akan menghubungi Anda untuk sesi wawancara online. Setelah verifikasi, peserta akan diarahkan untuk melengkapi information sesuai instruksi yang tampil pada portal.

Ia pun menekankan bahwa proses klaim JHT tidak dipungut biaya sepeserpun. Sehingga jika pekerja harus mencairkan dana JHT maka lakukan hal tersebut melalui kanal resmi BPJAMSOSTEK dan mempelajari prosedurnya. PIKIRAN RAKYAT – Pekerja yang hendak melakukan pencairan dana Jaminan Hari Tua diimbau untuk menempuh prosedur secara mandiri dan tidak memanfaatkan jasa calo. Pasalnya meski di tengah Pandemi Covid-19, BPJS Ketenagakerjaan telah menyediakan layanan secara daring, sehingga pekerja tetap bisa melakukan klaim JHT dari rumah. Jika sudah sesuai, petugas akan memberi tahu waktu pencairan saldo JHT yang akan dikirim melalui rekening peserta.

Banyak orang yang mau mencairkan dana Jamsostek

Peserta yang telah memilih tanggal dan jam pada sistem antrian on-line harus datang tepat waktu atau disarankan 30 menit sebelum jam yang dipilih. Jika belum memiliki akun, segera daftarkan diri kamu terlebih dahulu atau bisa juga langsung login dengan akun Gmail yang kamu miliki. Untuk kamu yang tidak memiliki akses ke situs BPJS Ketenagakerjaan, jangan khawatir, kamu juga bisa cek lewat SMS langsung dari handphone kamu. Airlangga menjelaskan, paket bantuan itu terdiri atas bantuan biaya pelatihan Rp 1 juta yang dapat digunakan untuk mengikuti pelatihan satu kali atau lebih. Dokumen-dokumen yang telah diupload, tetap dibawa aslinya untuk proses verifikasi. Setelah berkas dinyatakan lengkap, peserta diminta memasukkan seluruh berkas ke dalam amplop dan memasukkan ke dalam drop field yang disediakan.