Anjuran Pakai Masker Dua Lapis, Benarkah Bisa Mencegah Infeksi Varian Baru Virus Corona?

Mengingat penelitian yang dilakukan masih sangat terbatas, Anda tentu tidak bisa menjadikan sarang burung walet untuk pengobatan utama Covid-19. Anjuran dokter dan konsumsi obat yang diresepkan harus menjadi yang utama. Antiviral Research bahkan menyebutkan bahwa sarang burung walet merupakan salah satu bahan alami untuk mencegah flu. Ini tentu menjadi knowledge pendukung untuk terus meneliti potensi sarang burung walet untuk Covid-19, yang sama-sama disebabkan oleh virus dan menyerang pernapasan.

Masker double sangat membantu dalam efektivitas penularan

Untuk membuat masker wajah yang sesuai SNI, pemilihan bahan untuk masker kain juga perlu diperhatikan karena filtrasi dan kemampuan bernafas dari tiap-tiap jenis bahan juga berbeda-beda. Masker N95 merupakan sejenis masker wajah yang memiliki kemampuan paling efektif untuk melindungi diri dari Covid-19, karena bisa menyaring sampai 95 Kakek Merah persen partikel yang ukurannya sangat kecil. Hanya saja untuk sekarang masker N95 masih diutamakan untuk para tenaga medis dan garda terdepan lainnya. Masker scuba memiliki bahan yang mudah melar sehingga kerapatan porinya menjadi besar. Karena pori-porinya besar maka permebilitas udara dari masker scuba juga menjadi lebih tinggi.

Namun tingkat ketebalan dari kain scuba ini biasanya juga tergantung dari produksi pabrik. Masker nonmedis dapat menjadi penghalang untuk mencegah penyebaran virus dari pemakai ke orang lain. Namun sayangnya, efektivitas penghalauan penyebaran virus bisa terhalang karena masker palsu yang kini marak beredar. Gunakan masker kain yang memiliki setidaknya dua atau tiga lapisan kain.

Keunggulan yang dimiliki industri jamu, antara lain tersedianya bahan baku tanaman obat yang melimpah. Indonesia dikenal dengan keanekaragaman hayati yang dapat diolah menjadi jamu dan obat herbal seperti jahe, lempuyang, pala dan nilam. Bahan baku tersebut merupakan modal utama dalam upaya membangun kemandirian dalam memproduksi obat.

Alhamdulillah 3T ini meningkat terus, yang harusnya ini bersifat konsisten yang mudah-mudahan bisa kita jaga bersama-sama. Disiplin protocol kesehatan tidak boleh ditawar, vaksinasi sedang berjalan. Kalau sudah divaksin jangan buru-buru untuk kemudian tidak mematuhi protokol kesehatan. Justru setelah divaksin kita harus semakin konsisten untuk tetap disiplin terhadap protokol kesehatan, supaya kita bisa bekerja positif dan produktif. Alhamdulillah bisa tambah sehat, lebih tenang, dan memberi kontribusi terhadap herd immunity. Bersyukurlah karena meskipun kita sedang diuji oleh Tuhan selama 2 tahun ini, tetapi nikmat dari Tuhan akan selalu lebih besar, makanya jangan mengeluh.

Tapi memang kajian terkait kesehatan mental dan termasuk juga religious itu lebih sedikit saya lihat pembahasannya dibandingkan dengan prokes-prokes ataupun yang lain yang sering kita baca, baik itu di sosial media maupun di webinar lain. Dan Alhamdulillah dr. Agus Ali Fauzi ini masih keluarga besar PT PAL, begitu ya dok. Jadi, istri beliau juga pernah menjadi anggota atau keluarga kita dan insyaAllah semuanya kita anggap keluarga PAL. Dan kebetulan hadir juga disini tidak hanya rekan-rekan dari PT PAL, rekan-rekan dari BUMN maupun BUMS lainnya, juga kita buka kesempatan insyaAllah ini juga kesempatan untuk saling berbagi bagi rekan-rekan yang ada di Jawa Timur maupun di luar Jawa Timur.

Pemakaian masker dobel ini artinya memadukan masker bedah dilapisi dengan masker kain. Pilih lapisan yang terdiri dari dua atau tiga lapis kain, yang mana sangat baik untuk melindungi wajah dari paparan virus covid 19. Selain itu, masker medis yang digunakan dengan menyilangkan talinya pada telinga serta memasukkan lipatan masker ke bagian dalam bisa juga menghalau seventy seven persen partikel dari simulasi batuk yang dilakukan pada penelitian tersebut. Menggunakan dua lapis masker seperti ini akan membantu meningkatkan filtrasi udara karena berlapis masker yang digunakan.