5 Cara Meningkatkan Efektivitas Masker Mencegah Covid

Kekebalan individu pada diri sendiri juga akan membangun kekebalan kelompok. Sehingga setiap masyarakat saling melindungi dan tidak ada lagi tempat bagi Covid-19 untuk melakukan pindah tular antar manusia yang sudah divaksinasi. Selama perjalanan penting untuk selalu menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari penularan KKG628 Slot Covid-19. Pada masa pandemi Covid-19, mayoritas masyarakat lebih banyak bekerja di rumah, sekalipun berangkat ke kantor pekerjaan sering dilakukan di depan meja. Pekerjaan tersebut dilakukan seiring mobilitas yang berkurang dan sebagai upaya bentuk pencegahan dari perusahaan untuk karyawannya agar tidak terpapar Covid-19.

Masker double sangat membantu dalam efektivitas penularan

Mengenakan masker wajah saat bepergian menjadi salah satu cara terbaik yang dapat dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. Meski demikian anda juga harus berhati-hati dalam memilih masker, karena tidak semua masker memiliki efektifitas yang sama untuk melindungi diri dari paparan virus Covid-19. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah, masker medis yang hanya digunakan satu helai hanya memblokir 56,1 persen partikel dari percobaan batuk. Sementara itu, satu helai masker kain hanya bisa memblokir 51,4 persen.

Setelah bepergian bersihkan diri untuk menghilangkan virus yang menempel pada tubuh dan menjalankan pola hidup bersih dan sehat agar terhindar dari penularan virus Covid-19. Bagi masyarakat yang tetap tinggal di rumah atau tidak melakukan perjalanan tetap disiplin protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan diri dan keluarga dari Covid-19. Untuk itu, kita sebagai masyarakat dianjurkan untuk tetap di rumah, mengurangi mobilitas dan menghindari keramaian.

Penggunaan masker yang benar dan konsisten adalah langkah penting untuk mencegah penularan virus. Hasilnya, menunjukkan mengenakan masker yang pas dan benar di wajah dapat membantu membatasi penyebaran virus Corona. “Bersamaan dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat ini, Pemerintah menyatakan dimulainya kebiasaan memakai dua atau masker ganda . Pemakaian masker dobel ini artinya memadukan masker bedah dilapisi dengan masker kain,” paparnya.

Pastikan anda tahu cara memakai masker dobel dengan tepat sehingga manfaat yang didapat bisa maksimal. Jika anda merasa bingung atau kesulitan menerapkan cara memakai masker dobel sesuai dengan kondisi kesehatan anda, tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter. Hasilnya, menunjukkan bahwa mengenakan masker yang pas dan benar di wajah dapat membantu membatasi penyebaran virus penyebab Covid-19. Tingkat keakurasian suatu pemeriksaan antibodi tersebut dipengaruhi oleh seberapa sensitif dan spesifik alat dan metode ini mampu mendeteksi antibodi spesifik SARS COV 2.

Namun, penjepit masker bisa membuat masker Anda lebih efektif dari itu, menurut penelitian. “Saya berharap pemerintah akan turun tangan dan, setidaknya dari pihak pembuatan masker, memberikan panduan yang lebih baik,” kata Rothamer. Dengan begitu, masker akan lebih tebal dan efektif dalam menangkal penularan COVID-19. Penelitian yang dipimpin oleh Profesor Usanee Vinijketkamnuan dan Khanittha Punturee tahun 2008 itu menyebut bahwa masker yang sudah dilapisi oleh tisu bisa menyaring 75-90% partikel di udara. Selain itu, dokter Shela turut menjelaskan mengenai cara melepas masker yang benar agar tidak terkontaminasi virus atau bakteri yang menempel di masker.

Baru-baru ini, sarang burung walet disebut mampu untuk mencegah dan mengatasi Covid-19. “Mengenakan masker adalah salah satu cara terpenting untuk mengurangi risiko tertular dan menularkan COVID-19. Memakai masker dengan benar lebih baik daripada tidak pakai sama sekali,” tegasnya. Hal ini sesuai dengan keputusan yang dibuat oleh World Health Organization atau organisasi kesehatan dunia.

Tidak dianjurkan bagi masyarakat untuk menggunakan masker kombinasi double disposable masks. “Pemakaian masker bedah double dengan jenis yang sama tidak direkomendasikan karena tidak akan memberikan perlindungan yang lebih baik. Masker bedah masih memiliki area open face pada sisi samping dan berpotensi terjadi kebocoran ,” ujar dr. Wita Prominensa, MARS., SpPK., Dokter Spesialis Patologi Klinik Primaya Hospital Pasar Kemis. Dengan kata lain, penggunaan masker bedah secara berlapis atau double tidak akan meningkatkan kemampuan filtrasi dan kesesuaian masker. Jika tidak ada masker bedah atau masker medis anda bisa memilih masker kain. Di tengah maraknya Covid-19 masker kain bahkan hadir sebagai alternatif pengganti masker medis yang lebih murah dan ekonomis namun tetap memiliki manfaat cukup besar untuk kesehatan terutama dalam mencegah penularan penyakit.