Seputar Vaksin Covid

Selain lansia, Pendidik dan Tenga Kependidikan di Kota Bandung juga tengah menjalani vaksinasi. Hal ini dilakukan untuk mengejar Pembelajaran Tatap Muka terbatas pada Juli 2021. “Kami berencana akan melibatkan RW untuk mendata lansia atau melaksanakan vaksinasi,” ucapnya.

Ia turut menyinggung pernyataan Presiden Joko Widodo yang menyebut bahwa vaksinasi di Indonesia bisa rampung kurang dari setahun. Padahal saat ini Indonesia masih bergantung dari produsen dari luar negeri terkait ketersediaan vaksin. Windu memprediksi vaksinasi di Indonesia bisa rampung paling cepat dalam waktu 1,5 – 3 tahun.

Vaksin bagi lansia

Sementara itu, jika kerabat atau orang tua Anda telah mendapat vaksin untuk lansia, hal terpenting yang harus Anda ingat adalah kapan proses atau tanggal vaksinasi tersebut dilakukan. Saya yakin vaksinasi ini akan membuat kita, khususnya lansia, terhindar dari penyakit Covid-19,” ujar Pensiunan Dinas Pendidikan Kabupaten Wonogiri ini. Biasanya, reaksi akan terjadi karena penerima vaksin tidak mengetahui bahwa sistem kekebalan tubuhnya rentan terhadap komponen vaksin. Sebelum lansia menjalani vaksin, mereka wajib melakukan konsultasi pada dokter lebih dahulu. Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan mannequin baru pelaksanaan vaksinasi bagi lansia agar mereka nyaman untuk segera disuntik.

Lebih lanjut Yana menjelaskan, vaksinasi terhadap lansia sangat penting karena mereka menjadi kelompok yang sangat rentan tertular covid-19. Vaksinasi Lansia bisa dilakukan dengan mudah dan free of charge cukup membawa KTP di puskesmas terdekat. Pada hari Rabu, aplikasi Sinovac untuk peluncuran pasar bersyarat dari vaksin COVID-19 yang tidak aktif telah diterima oleh regulator obat China, yang dipandang sebagai langkah maju yang besar dalam membuat vaksin China tersedia untuk penggunaan publik. “Pendekatan mRNA bisa menjadi vaksin terburuk yang direkomendasikan untuk kelompok lansia,” kata Yang. Feng Duojia, presiden Asosiasi Industri Vaksin China, mengatakan kepada Global Times pada hari Kamis bahwa knowledge Fase-III dan persetujuan dari otoritas obat diperlukan untuk orang tua yang akan divaksinasi. Disinggung antusiasme lansia yang kurang untuk mengikuti vaksinasi, Rio menyebut kemungkinan masih ada rasa takut, kurangnya edukasi, atau mendapatkan informasi yang tidak benar.

Lansia akan diberikan vaksin COVID-19 sebanyak 2 kali dengan selang waktu 28 hari. Pemberian dua dosis vaksin COVID-19 dimaksudkan agar imunitas terhadap virus Corona bisa terbentuk secara maksimal. Saat ini 7 juta vaksin sudah siap untuk didistribusikan dan akan segera sampai di 34 provinsi.

Kemudian, Nadia juga mengatakan selama Ramadan, Kemenkes bakal mengupayakan untuk menjangkau masyarakat, terutama lansia melalui vaksinasi di masjid dan dilakukan pada malam hari. Di samping itu, persoalan keterbatasan pasokan vaksin makin membatasi masyarakat untuk divaksinasi. Karena pendaftaran dilakukan secara daring, ada kemungkinan para lansia tidak paham cara daftarnya, sehingga harus dibantu. Atau, lansia hidupnya sudah terpisah dari keluarga, atau ada keterbatasan finansial, sehingga mereka tidak bisa datang ke sentra vaksinasi, ini yang membuat makin sulit,” kata Nadia.