Menjadi Pengusaha Muda Itu Mudah, Inilah Rahasianya

“Pengalaman juga karena kemarin tidak bisa terlalu fokus urus ternak karena kuliah di kota, Jian minta bantuan orang lain untuk ngurus sapi. Tapi kesalahannya tidak ada perjanjian yang jelas terkait untung ruginya. Narasumber utama mengangkat tema “Ubah hobi jadi Manfaat”.

Menjadi pengusaha sambil sekolah

Investasi berguna untuk meringankan dampak inflasi, meningkatkan jumlah kekayaanmu, dan persiapan masa depan. Ayah saya itu seorang buruh bangunan, dia mampu menyekolahkan anaknya eight orang, dan semua sarjana. Gaji Rp 7.500 per hari, tapi dia bisa memberikan makan untuk semua anaknya. Dan saya melihat orang, bukan dari apa yang dia miliki sekarang, dalam konteks materi duniawi. Tapi saya mengagumi orang, dari apa yang dipikirkan, dan apa yang dia lakukan, serta apa karyanya untuk bangsa dan negara.

Alhasil, dia pun langsung membuat paspor dan berharap bisa ikut berlayar ke Negeri Jiran.Namun, nahas. Budi justru terjebak dalam perputaran bisnis pengangkutan kayu ilegal dari Kalimantan ke Malaysia. Namun, pemuda yang kala itu duduk di bangku kelas 2 SMA tidak kapok berusaha. Dari sisa tabungannya, Hamzah menggunakannya untuk jualan pulsa lagi dan membeli alat pembuat pin. Ternyata, dia kembali mengalami kerugian dari usahanya tersebut.

Latihan selanjutnya, mengajarkan anak untuk mampu mengelola uang dengan baik. Latihan yang perlu diajarkan bukan hanya cara membelanjakan, tapi juga menabung, sedekah, dan mencari uang. Tentu saja cara ini memerlukan konsistensi orangtua terhadap aturan. Tahap selanjutnya, si anak mulai diajarkan berbisnis kecil-kecilan. Misalnya, menjual makanan ringan ke teman-teman sekolahnya.

Namun, dengan bukti bahwa keuntungan yang bisa didapatkan dari aktivitas ini demikian menjanjikan, akhirnya sektor ekonomi ini mulai banyak diminati masyarakat. Mereka yakin akan berkembang dan mereka yakin akan untung, oleh karena itu mereka semangat melakukannya. Berbagai bidang usaha menggeliat dan sektor ekonomi bergerak lagi.

” Slogan tersebut mungkin sudah sering kita dengar beberapa tahun ini, diikuti dengan berbagai seminar dan pelatihan. Memang, tak semua harus jadi pengusaha, namun belajar berwirausaha punya kekuatannya sendiri, karena kita bisa belajar langsung dari kehidupan. Ini penting karena dalam pengembangan bakat anak, anak akan selalu bersentuhan dengan dunia di sekitarnya. M. Putra Sahban selaku proprietor sangat senang dan antusias dengan kehadiran mahasiswa/i dan awak media yang hadir melihat proses pembuatan produk.

Nah kamu bisa membuat template untuk web site yang kemudian bisa kamu jual. Jika kamu tidak punya barang untuk dijual secara online, saatnya mulai sekarang kamu mencari barang/produk untuk dijual, cara mudahnya, kamu bisa bergabung menjadi reseller dengan model yang sudah ada. Online shop bisa dibilang sangat cocok untuk usaha sampingan pelajar karena lebih fleksibel dalam pengelolaannya.